TERAPI “IKAN GARRA RUFA”

“Terapi Ikan Gara Rufa”

Disadur Oleh : Ratnowo
Terapi Kaki Melalui Ikan Gara Rufa di Nagoya Hil Batam.
(Laporan Nazarrudin Napitu, wartawan Tribunnews Batam)

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM – Terapi kaki umumnya biasa dilakukan dengan pemijatan oleh terapis. Tetapi berbeda terapi kaki di Diamond Fish Spa yang ada di Nagoya Hill (depan Hypermat) yang dilakukan melalui media ikan Garra Rufa asal Turki.

Ongky staff Diamond Fish Spa menuturkan, terapi kaki melalui ikan Garra Rufa ini sangat efektif, dimana ikan-ikan yang tersedia didalam akuarium ini akan mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki kita melalui gigitan halusnya.

“Ikan Gara Rufa ini gak gigit, dia hanya memakan sel-sel kulit mati pada kaki kita yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Selain kaki, bisa juga tangan, dan bagian tubuh lainnya. Kenapa kaki? Menurut penelitian para ahli, kaki sangat efektif karena peredaran darah semua ada dibagian kaki,” ujar Ongky dipamerannya di Nagoya Hill. Senin (10/1).

Pasalnya, terapi kaki melalui ikan Garra Rufa bermanfaat untuk kesehatan, mampu melancarkan peredaran darah, mengangkat sel kulit mati sehingga menghaluskan kulit, membantu menyamarkan bekas luka, membunuh mikro organisme dengan hormon Antharalin yang dikandung dlm setiap hisapannya, mengurangi gatal-gatal, dan lainnya.

Dalam promonya, Diamond Fish Spa menawarkan harga spesial untuk terapi kaki tersebut, cukup dengan membayar seharga Rp 15ribu maka, pelanggan bisa menikmati terapi melalui ikan tersebut selama 15menit, dan selama 30 menit seharga Rp 25ribu. Menurutnya, harga ini cukup murah, biasanya harga normalnya dibandrol Rp 35ribu per 30 menit.

“Harga promo berlaku hingga hariini saja, selanjutnya harga normal kembali,” katanya.

Menurutnya lagi, Ikan Garra Rufa atau Dr Fish berasal dari sumber air panas di provinsi Kangal Turki, ikan ini mampu bertahan pada temperatur 15’c-45,9. Dahulukala masyarakat Kangal memiliki kebiasaan merendam badan dikolam yang berisi ikan tersebut, dan sudah berlangsung sejak 450tahun lalu. Dari hasil penelitian, ikan ini tidak dapat mentransfer virus dari orang yang satu kelainnya.

“Bahkan, Ikan ini juga telah dijuluki “ikan sucu” karena memiliki efek penyembuhan yang sangat luar biasa. Jadi, bagi yang berminat dapat mengunjungi pameran kami di Nagoya Hill (depan Hypermart),”ajaknya.

Editor : dedy suwadha

Cara Kerja Terapi Ikan
Posted Wed, 07/29/2009 – 03:13 by Pak_Admin
Fish spa merupakan salah satu bentuk terapi yang alami sehingga cocok dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, baik anak-anak hingga dewasa. Prosesnya cukup sederhana:
• Kaki atau bagian tubuh yang ingin diterapi dibilas terlebih dahulu dengan air bersih. Gunanya selain untuk mengusir kotoran yang menempel di kulit Anda, juga untuk menghilangkan lotion atau kosmetik lain yang Anda gunakan sebelumnya
• Cek kaki dan tubuh Anda untuk memastikan Anda tidak memiliki luka terbuka. Jika ada, sebelum masuk ke kolam tutup luka dengan plester. Anda yang menderita diabetes, terutama penderita Diabetes basah disarankan untuk tidak memanfaatkan terapi ini untuk menjaga agar tidak terjadi penularan ke pengguna fish spa lain.
• Setelahnya, Anda tinggal masukkan kaki atau bagian tubuh yang ingin Anda terapi ke kolam berisi ikan Garra Rufa. Sebaiknya kondisi air kolam sudah dikondisikan dalam keadaan hangat untuk menciptakan rasa nyaman selama proses terapi.
• Ikan Garra Rufa atau Doctor Fish akan langsung menghampiri Anda dan memulai rutinitasnya menyedot dan memakan kulit mati Anda. Kami sebut menyedot karena ikan Garra Rufa tidak memiliki gigi. Hal inilah yang membuat ikan ini aman digunakan untuk terapi, jika dibandingkan ikan Chin Chin yang memiliki gigi, yang ketika memiliki ukuran tertentu bisa melukai kulit Anda.
• Pertama-tama Anda akan merasakan geli yang luar biasa akibat kerumunan, sentuhan dan sedotan ikan-ikan Garra Rufa. Akan tetapi semakin lama, semakin Anda akan merasa lebih nyaman dan rileks. Sesekali Anda akan merasakan kaki Anda berasa seperti kesemutan dan seperti ada sengatan/setrum tegangan kecil.
• Lama satu kali proses terapi tidak boleh lebih dari 30 menit dan disarankan untuk melakukan terapi secara teratur untuk merasakan khasiat dan manfaat yang diberikan alam melalui sentuhan ikan-ikan Garra Rufa ini.

Amankah Fish Spa dengan Ikan Garra Rufa?
Posted Thu, 01/20/2011 – 14:54 by Pak_Admin
Beberapa hari terakhir ini kembali menghangat rumor miring seputar keamanan fish spa banyak dipergunjingkan di web maupun di BBM. Kami sebut rumor, karena tidak didukung dengan bukti yang menguatkan pernyataan tersebut. Sama seperti rumor-rumor terdahulu, jika kami ditanya amankah fish spa dengan ikan Garra Rufa? Apakah fish spa bisa menyebabkan penularan penyakit seperti HIV? Berikut ini jawaban kami.

Sampai sekarang belum ada komplain/laporan real soal fish spa garra rufa menjadi penyebab pelunaran penyakit dari negara mana pun, itu tandanya, fish spa dengan ikan Garra Rufa aman bagi siapa saja. Padahal di Turki sendiri, terapi ini sudah ada lebih dari 100 tahun lalu, bahkan ada yang bilang lebih dari 400 tahun lalu. Saat ini fish spa Garra Rufa masih beroperasi di Turki dan berbagai negara termasuk Jepang, Singapura dan Malaysia, bahkan kini menjangkau berbagai negara di Eropa, Timur Tengah dan sebagian Amerika. Jika memang beresiko dan terbukti menularkan penyakit serta membahayakan warganya, tentu negara semaju Jepang, Korea Selatan, Singapura atau Turki sendiri tidak akan membiarkan terapi model ini berkembang.

Setahu kami, virus AIDS tidak akan semudah itu menular, hanya karena aktivitas berendam bersama. Logikanya, jika gampang menular via binatang/cairan, orang yang digigit nyamuk dari nyamuk yang beberapa detik sebelumnya mengigit orang yang terjangkit AIDS bisa tertular, atau saat ada seorang penderita HIV yang kebetulan memiliki luka terbuka berenang di sebuah kolam renang umum, maka semua yang berenang di sana akan ikut tertular. Kenyataannya tidak begitu, virus HIV rentan mati oleh adanya delusi (pengenceran) air maupun perubahan suhu ketika berada di udara bebas. Virus HIV secara medis baru terbukti bisa menular melalui hubungan seks tdk aman dan penggunaan jarum suntik bergantian.

Sedangkan fish spa komersial yang benar dan tidak dijalankan asal-asalan sudah melakukan preventif terhadap resiko penularan penyakit:
1. Fish spa komersial WAJIB memiliki fitur sterilisasi terhadap air kolam, di mana setidaknya air kolam selalu disirkulasi 24 jam oleh filter yang tidak hanya akan menyaring kotoran fisik secara mekanik,biologi dan kimiawi, tetapi juga disterilkan minimal dengan sinar ultraviolet yang akan membunuh kuman dan bakteri. Malah tidak sedikit juga yang menggunakan proses sterilisasi air dengan kombinasi penyinaran ultraviolet dan ozonisasi.
2. Fish spa komersial selalu melakukan penggantian air secara berkala untuk mereduksi polutan yang terlarut di kolam yang tidak dapat dibersihkan oleh filter dan penyinaran ultraviolet.
3. Fish spa komersial yang benar mewajibkan penggunanya sebelum masuk ke kolam harus cuci kaki/bilas air terlebih dahulu sebelum masuk kolam. Pada proses ini pegawainya juga akan memeriksa kaki kita. Jika ada luka terbuka atau luka yang belum kering, akan langsung ditutup plester sebelum terapi.
4. Fish spa komersial yang baik hanya menyarankan terapi maksimal 30 menit, karena jika lebih lama dari itu, kulit kita akan menjadi kisut dan cenderung lunak sehingga mudah terluka.
5. Fish spa komersial yang baik, adalah fish spa yang menggunakan ikan Garra Rufa asal Turki, bukan ikan lokal atau ikan Garra Rufa imitasi (seperti Chin Chin). Ini karena ikan Garra Rufa tidak memiliki gigi dan sebenarnya bukan mengigit kita, tetapi menyedot kulit kita, sehingga yang akan terkelupas hanyalah kulit mati dan tidak sehat. Kulit sehat kita tetap akan aman dan tidak akan menimbulkan luka baru.

Itu sebabnya pada paket komersial kami, selalu disertai dengan perangkat UV Lamp khusus utk kebutuhan sterilisasi. Kami juga menawarkan optional peranti ozonisasi untuk mereka yang ingin memberikan jaminan keamanan dan kenyaman bagi konsumennnya. Begitu penjelasan kami, semoga bisa memberikan pencerahan terhadap rumor-rumor miring seputar fish spa. Memang belum sepenuhnya diperkuat dengan bukti medis, karena toh rumor itu juga belum ada bukti medisnya, bukan?

Kami sudah buka solusi penyediaan fish spa dan ikan Garra Rufa sejak tahun 2009, sampai sekarang belum dapat laporan dari client-client kami terhadap adanya efek penularan penyakit via fish spa, tidak usah berat-berat seperti HIV, tapi sakit kulit atau sekedar penyakit remeh temeh lainnya, juga tidak.

Jika ditelaah lebih lanjut dari pernyataan dari salah satu staff departemen kesehatan UEA, yang sering diforward di forum-forum diskusi di internet, “ditakutkan kalau nantinya terjadi adanya darah masuk ke kolam bisa terjadi penularan penyakit”, padahal fish spa yang dikelola dengan baik dan benar selalu mengecek potensi adanya pendarahan di kolam, dengan menutup setiap luka atau bekas luka di kaki pasien sebelum masuk ke kolam dan selalu mensterilkan air kolam. Sedangkan ikan Garra Rufa sendiri tidak bisa melukai kulit manusia, alias ini ikan tidak bisa membuat luka baru di kulit karena pola si ikan dalam melakukan terapi tidak dengan cara menggigit, tapi menyedot.

Intinya, gunakan ikan Garra Rufa asli asal Turki seperti yang kami pasarkan untuk fish spa Anda dan kelola fish spa komersial Anda secara profesional. Untuk yang tetap masih takut, Anda bisa mengikuti tren di Amrik sana, dengan menghadirkan dan memboyong fish spa pribadi untuk keluarga di halaman rumah masing-masing, dijamin aman dan nyaman.
Selamat berfish spa…🙂

Ukuran Ikan Garra Rufa Apa yang Cocok untuk Anda?
Posted Fri, 11/13/2009 – 12:11 by Pak_Admin
Meskipun kita sudah menginformasikan ukuran ikan dengan jelas, namun terkadang konsumen masih sering bingung dalam menentukan ikan yang ingin dipesannya. Tak jarang ada konsumen yang kaget begitu melihat ukuran ikan yang dipesannya. Untuk itu, artikel ini akan coba menjelaskan lebih jauh seputar ukuran ikan.

Sebagai pengantar awal, pada ikan Garra Rufa, ukuran yang digunakan adalah ukuran panjang ikan dalam inci (“). 1 inci = 2,54 cm.

Ikan ukuran 1″, merupakan ukuran terkecil dari ikan Garra Rufa yang biasa diperjualbelikan. Ikan Garra Rufa di bawah 1” jarang diperjualbelikan secara umum karena ikan masih sangat rentan mati. Ukurannya yang masih sekitar 2,5cm membuat ikan akan terlihat masih kecil-kecil. Apakah ikan ini sudah bisa digunakan untuk Fish Spa? Jawabnya, sudah, namun dari sensasi yang didapatkan masih belum maksimal, apalagi jika jumlah ikan sedikit. Pengguna hanya akan merasa geli ketika ikan mulai melakukan “tugas”nya. Untuk membuat ikan ukuran ini bisa menjadi size yang ideal setidaknya dibutuhkan waktu 1-2 bulan.

Ikan ukuran 1″up (1,25″). Ini merupakan ukuran ikan standard kami.Ukuran ikan akan berada di kisaran 1″ hingga mendekati 1,5″. Ikan ukuran inilah yang biasa kami sertakan dalam paket-paket Home Fish Spa kami. Kita pilihkan ikan ukuran ini karena paket Fish Spa yang kami keluarkan menyasar ke segmen pengguna rumahan, di mana soal harga/budget kerap menjadi prioritas, sedangkan harga ikan, semakin besar, semakin mahal. Meski ikan yang digunakan belum ideal, tetapi karena ukuran ikan di”mix”, maka konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memelihara ikan hingga menjadi ukuran ideal.

Ikan ukuran 1,5″, merupakan ukuran ikan yang ideal untuk Fish Spa. Ikan ukuran ini merupakan ukuran ikan yang layak dan cocok untuk mulai digunakan untuk fish spa. Sensasi yang dihasilkan sudah bisa dirasakan oleh pengguna terapi. Ukuran ini menjadi rujukan untuk digunakan dalam fish spa komersial.

Ikan ukuran 2″, juga merupakan ukuran ikan yang ideal untuk Fish Spa. Sensasi gigitan (sedotan) ikan akan lebih berasa dibandingkan ukuran 1,5″, akan tetapi untuk Fish Spa Komersial, “life time” ikan akan lebih berkurang jika dari awal sudah menggunakan ukuran ikan ini.

Jika dilihat dari ukurannya, mana ikan yang rawan mati? Jawabnya tentu semakin kecil ukuran ikan, makin rawan mati.

Semoga ini bisa menjadi sedikit pencerahan bagi Anda yang berniat untuk membeli ikan Garra Rufa.
Berapa Banyak Ikan Garra Rufa yang Saya Butuhkan?
Posted Mon, 11/16/2009 – 15:03 by Pak_Admin
Berapa banyak ikan Garra Rufa sih yang dibutuhkan untuk fish spa? Pertanyaan ini sering ditanyakan ke kami, baik oleh mereka yang ingin mencoba terapi ikan dokter di rumah maupun mereka yang berniat membuka fish spa di berbagai pusat keramaian.

Buat mereka yang ingin menikmati fish spa di rumah, maka jawabnya berapa saja cukup. Ya, saat ingin diboyong ke rumah, maka banyaknya ikan Garra yang harus Anda beli akan sangat fleksibel dengan budget yang Anda miliki. Yang pasti intinya, terapi Fish Spa akan makin menarik dan sensasional ketika ikan yang digunakan semakin banyak.

Untuk mereka yang berniat untuk membuka bisnis Fish Spa, maka perhitungannya, satu orang pengguna foot spa, sebaiknya disediakan 250 ekor ikan, sedangkan untuk full body spa, setidaknya disediakan dua kalinya, atau 500 ekor. Jadi untuk kolam dengan kapasitas 4 orang, maka ikan yang dibutuhkan setidaknya 1.000 ekor ikan.

Jika menggunakan pendekatan ukuran kolam, maka kolam berukuran 1m x 1m x 40/50cm idealnya diisi oleh 1.000 ekor ikan. Jumlah ini saat dilepas di kolam dengan ukuran tersebut, tidak akan terlihat terlalu banyak/sesak, namun juga tidak terlalu sepi/kosong.

Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan Anda. Kami tunggu pesanan Anda.

Persiapan Sebelum Ikan Garra Rufa Datang
Posted Sun, 08/02/2009 – 12:52 by Pak_Admin
Sebelum ikan yang kami kirim sampai ke rumah Anda, ada beberapa hal yang wajib Anda persiapkan, satu hari sebelumnya.
• Persiapkan kolam atau aquarium yang akan menjadi tempat untuk menampung ikan. Isi dengan air bersih, bisa air sumur atau air PAM. Jika Anda menggunakan air PAM, pastikan air tidak berbau kaporit yang menyengat.
• Endapkan air bersih semalam sebelum ikan datang dengan aerator (gelembung udara) menyala. Hal ini untuk meningkatkan kadar oksigen pada air.
• Nyalakan juga filter agar kotoran air yang ada di kolam bisa tersedot dan air menjadi tetap bersih.
• Jika di rumah sudah ada heater dan suhu air dingin, nyalakan heater beberapa jam sebelum ikan datang.
• Nah kini kolam Anda sudah siap kedatangan si Doctor Fish.
• Jangan lupa untuk membaca petunjuk dalam melepaskan ikan ke kolam, yang kami sertakan dalam paket ikan yang kami kirim. Dijamin ikan tidak akan kaget dan mati ketika pertama kali masuk ke kolam/aquarium Anda.

Daftar Ongkos Kirim Doctor Fish / Garra Rufa via Kargo Udara
Posted Mon, 01/11/2010 – 11:12 by Pak_Admin
Berikut ini daftar ongkos kirim ke berbagai kota di Indonesia untuk pembelian 1000 ekor ikan Garra Rufa / Doctor Fish. Paket diambil di kargo bandar udara tujuan. Harga sudah termasuk biaya packing, transport ke bandara, pengurusan ke balai karantina, dan biaya kargo sampai bandar udara tujuan, sehingga penerima tidak akan diribetkan lagi dengan urusan administrasi di bandar udara tujuan.

PROMO SUBSIDI BIAYA KIRIM IKAN GARRA RUFA / DOCTOR FISH
• Ambon Rp 600.000
• Balikpapan Rp 550.000
• Banda Aceh Rp 530.000
• Banjarmasin Rp 455.000
• Batam Rp 415.000
• Biak Rp 1.055.000
• Bengkulu Rp 400.000
• Denpasar Rp 330.000
• Gorontalo Rp 655.000
• Jambi Rp 350.000
• Jayapura Rp 1.070.000
• Kendari Rp 700.000
• Kupang Rp 635.000
• Makasar Rp 475.000
• Malang Rp 320.000
• Menado Rp 710.000
• Mataram Rp 415.000
• Medan Rp 435.000
• Padang Rp 395.000
• Palembang Rp 320.000
• Palu Rp 660.000
• Pangkal Pinang Rp 330.000
• Pekanbaru Rp 415.000
• Pontianak Rp 445.000
• Palangkaraya Rp 415.000
• Semarang Rp 300.000
• Solo Rp 300.000
• Surabaya Rp 320.000
• Sorong Rp 1.095.000
• Tanjungkarang (Lampung) Rp 300.000
• Tanjung Pinang Rp 360.000
• Ternate Rp 720.000
• Timika Rp 1.015.000
• Yogyakarta Rp 300.000
LUAR NEGERI:
• Call.

* Harga bisa berubah setiap waktu tanpa pemberitahuan (www.myownfishspa.com).
Inilah Perhitungan Bisnis Fish Spa Kolam Kapasitas 4 Orang di Mall
Posted Mon, 12/07/2009 – 16:03 by Pak_Admin
Selain mereka yang menginginkan membuat fish spa di rumah, tidak sedikit yang datang ke kami menanyakan, apakah kami memiliki paket untuk fish spa komersial. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini perhitungan kebutuhan Anda. Jika Anda tanya, apakah myownfishspa.com bisa menyiapkan semuanya, jawabnya, ya kami bisa. Anda tinggal memikirkan pengiriman paket tersebut ke lokasi/kota Anda.

Perhitungan Budget Fish Spa Komersial untuk 4 Orang
• Pembuatan kolam kapasitas 4 orang:
o Aquarium ukuran 1m x 1m x 0,5m
o Mebel tempat duduk kayu di sekitar kolam
o Harga Rp 3.750.000
• Perlengkapan pendukung:
o Filter external
o Aerator 4 lubang
o 2 buah water heater 150Watt
o UV Lamp 13 watt
o Harga Rp 1.900.000
• Kebutuhan ikan:
o 1000 ekor ikan Garra ukuran 1,5″
o Harga Rp 3.500.000
• Dukungan teknis:
o Panduan pemeliharaan dan maintenace
o Training singkat
o Konsultasi via email/telp/SMS/Yahoo! Messenger
o Diskusi teknis pemasaran fish spa
o Harga: gratis
• Total pengeluaran: Rp 9.150.000
Perhitungan bisnis Fish Spa Komersial dengan kolam kapasitas 4 orang.
• Modal awal:
o Paket Fish Spa Rp 9.150.000
o Biaya pengiriman: Rp 500.000
o Promotional item: banner dan brosur Rp 1.000.000
o Total: Rp 10.650.000
• Biaya operasional bulanan
o Sewa ruang di mall Rp 3.000.000
o Listrik dan air Rp 1.000.000
o Gaji 2 shift x 2 orang karyawan @ Rp 750.000 = Rp 3.000.000
o Makanan ikan (Frozen Blood Worm) Rp 100.000
o Resiko kematian ikan 5 ekor/hari = Rp 525.000
o Total: Rp 7.625.000
• Jika Fish Spa buka mulai pukul 10.00 – 21.00 (11 jam sehari), maka potensi pendapatan maksimal yang bisa Anda dapatkan, dengan tarif Rp 15.000/sesi dengan satu sesi memiliki durasi 15 menit, adalah:
o 30 hari x 11 jam x 4 sesi x 4 orang x Rp 15.000 = Rp79.200.000 / bulan

• Perhitungan di atas memang sangat tidak mungkin terjadi mengingat fish spa Anda tidak mungkin selalu terisi penuh pada setiap sesi, pada setiap harinya. Tapi taruh kata paling ramai, kapasitas fish spa hanya 40% dari kapasitas maksimal, maka hasil yang Anda dapatkan:
o 40% x Rp 79.200.000 = Rp 31.680.000 / bulan (BEP dalam 1 bulan)

• Perhitungan maksimal yang paling mendekati realita adalah, 25% dari kapasitas maksimal fish spa, dengan kata lain pendekatannya adalah setiap sesi hanya terisi 1 orang. maka didapatkan hitungan:
o 30 hari x 11 jam x 4 sesi x 1 orang x Rp 15.000 = Rp 19.800.000 / bulan (BEP dalam 1 bulan)

• Jika Anda ingin menghitung dengan perhitungan bisnis pesimis, di mana taruh kata hanya 1 orang yang menggunakan fish spa Anda dalam tiap sesi, itupun hanya 50% dari sesi yang digunakan oleh konsumennya, dengan kata lain 50% sesi fish spa Anda benar-benar kosong tanpa konsumen, maka hitungannya menjadi:
o 30 hari x (50% x 11 jam kerja) x 4 sesi x 1 orang x Rp 15.000 = Rp9.900.000 / bulan (BEP dalam 5 bulan)
Berdasarkan data harga 1 November 2010 dengan asumsi paket fish spa per sesi selama 15 menit dijual dengan harga Rp 15.000.

Cukup prospektif bukan? Tiga hal yang bisa jadi kunci sukses dalam membuka layanan komersial Fish Spa. Pertama, cari lokasi strategis yang memiliki traffic tinggi. Misal: di depan supermarket/hypermarket terkenal di kota Anda. Kedua, jadilah yang pertama dalam membuka fish spa komersial di kota Anda, atau setidaknya di mall tempat Anda buka. Ketiga, jangan terlalu “pelit” dalam mendesain tampilan fish spa berikut promotional itemnya, karena tampilan mebel dan kolam yang “eye catching” sudah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mencoba. Selamat berbisnis.
Panduan Pengobatan Ikan Garra Rufa / Doctor Fish
Posted Wed, 05/12/2010 – 17:37 by Pak_Admin
Biar termasuk ikan bandel, ikan Garra Rufa / Doctor Fish bukan berarti tidak akan terkena penyakit. Memasuki musim pancaroba, ikan terkadang mulai terserang penyakit. Jadi hati-hati bagi Anda yang membeli ikan Garra Rufa dari tempat lain. Ada tiga penyakit/masalah yang biasa menyerang ikan Garra Rufa.

1. White Spot (jamur)
Penyakit ini biasa menyerang ikan Garra Rufa terlebih yang berukuran di bawah 1,5″. Ditandai dengan punggung ikan yang belang-belang keputihan. Pada ikan ukuran 1″, biasanya penyakit ini gampang sekali menular dan jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian masal. Penyebabnya biasanya karena suhu air yang dingin dan atau air yang terlalu kotor.
Penanganannya:
Kuras kolam hingga air hampir habis, lalu masukkan air baru (endapan) sedikit demi sedikit. Bersihkan filter. Kemudian setelah kembali penuh, air diberi segenggam garam ikan dan obat dengan tanda “O” yang kami sertakan 1 sendok takaran untuk ketinggian kolam 1m x 1m x 0,4m (400liter). Nyalakan heater dan pertahankan suhu di atas 32′ C. Jika ada ikan mati di kolam segera angkat dari kolam. Lakukan observasi selama 24 jam nonstop.
2. Pencernaan
Penyakit ini bisa menyerang ikan dalam berbagai ukuran, malah jika sudah terkena, biasanya ikan besar-besarlah yang akan lebih dahulu mati. Ditandai dengan ikan yang mati biasanya memiliki perut yang besar. Mati sedikit-sedikit tapi terus hingga jika tidak segera ditangani akan menjadi kematian masal. Penyebabnya bisa dari air kolam yang kotor, filter jarang dibersihkan atau makanan ikan yang kotor/kurang bersih.
Penanganannya:
Kuras dan bersihkan kolam hingga air hampir habis, lalu masukkan air baru (endapan)
sedikit demi sedikit. Bersihkan juga filter. Kemudian isi kembali air hingga mencapai setengah kolam saja (contoh kasus untuk ukuran kolam dengan ketinggian air 1m x 1m x 0,2m/200liter. Beri garam ikan satu genggam, obat bertanda “O” setengah sendok takaran, obat bertanda “P” setengah sendok takaran. Set suhu di 30’C. Lakukan observasi dan segera angkat dan karantina jika ada ikan yang sudah sekarat atau mati. Jangan sampai ikan yang mati/sekarat dimakan oleh ikan sehat karena ikan yang sehat akan ikut tertular.

3. Ingsan/Keracunan
Penyakit ini bisa menyerang ikan dalam berbagai ukuran, biasanya ditandai dengan semua ikan diam di dasar kolam, dan menjadi mudah dipegang. Akan sangat mudah terjadi kematian masal. Penyebabnya bisa dari kontaminasi air, air sangat kotor, atau penggantian air dengan air yang belum “siap” untuk ikan.
Penanganannya:
Segera kurangi ketinggian air dalam jumlah besar, hingga tersisa 1/4 atau 1/5 bagian. Besarkan aerator, jika perlu Anda bisa menambahkan jumlah air stone di kolam. Tambahkan air baru (endapan) secara bertahap setiap 1-2 jam hingga
ketinggian setengah kolam. Tambahkan obat “O” setengah sendok takaran dan garam ikan segeggam. Jika ada ikan mati di kolam segera angkat dari kolam, supaya air kolam tidak bau amis. Set suhu di 30’C. Lakukan observasi
selama 24 jam nonstop.

Selama proses pengobatan, fish spa tutup dan ikan dipuasakan.
Paket obat-obatan sudah disertakan, dan inilah panduannya, jika masih ada yang belum jelas, Anda bisa kapan saja menghubungi kami.
Garra Rufa Vs Chin Chin
Posted Mon, 07/20/2009 – 02:11 by Pak_Admin
Mendompleng kepopularan ikan Garra Rufa original dari Turki, ikan Chin-Chin atau yang dikenal dengan Kiss Kiss Fish dari China, dalam strategi pemasarannya, ikut-ikutan dinamai dengan Garra Rufa atau Doctor Fish. Meski secara ilmiah kedua ikan ini memiliki silsilah yang berbeda, demikian juga dengan bentuk dan kelebihannya, namun karena harga yang lebih murah, Chin Chin pun juga kerap digunakan dalam fish spa, termasuk di Indonesia sendiri.

Padahal seperti halnya produk palsu pada umumnya, ikan Chin-Chin tidak memiliki kelebihan seperti yang dimiliki oleh ikan Garra Rufa original. Bahkan bukannya menyehatkan dan mempercantik, karena ikan ini memiliki gigi, Chin Chin disinyalir dapat menjadi pembawa (Carrier) penyakit dari satu orang ke orang lain ketika digunakan dalam fish spa komersil. Ikan Chin Chin yang ukurannya terlalu besar, lebih dari 6 cm malah gigitannya bisa membuat Anda terluka. Tak heran di beberapa negara, ikan jenis ini sudah dilarang untuk digunakan dalam fish spa komersial.

Jadi pastikan ikan yang Anda gunakan untuk fish spa adalah ikan Garra Rufa yang asli seperti yang kami tawarkan.

Manfaat Terapi Ikan Garra Rufa
Posted Wed, 07/29/2009 – 02:45 by Pak_Admin
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh melalui terapi ikan Garra Rufa:
• Membantu pengelupasan kulit mati sehingga proses regenerasi kulit akan semakin baik sehingga didapatkan kulit baru yang lebih halus dengan cepat.
• Meningkatkan penyerapan kelembaban kulit.
• Memperlancar peredaran darah dalam tubuh melalui titik-titik akupuntur yang ada di telapak kaki.
• Diyakini dapat mengurangi dan mengaburkan bekas luka.
• Membantu penyembuhan mereka yang menderita penyakit kulit seperti psoriasis.
• Menghadirkan sensasi relaksasi dan menghilangkan stress.
• Seperti semua terapi yang berasal dari alam, fish spa dengan ikan Garra Rufa tidak memiliki efek samping.

Tentang citr4putr4

SAYA GURU SMKN 1 KELAYANG
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s